Bergerak Maju dalam Perubahan Iklim

Perubahan iklim semakin menjadi masalah terbesar yang dihadapi dunia dengan laporan demi laporan membunyikan bel alarm tapi tidak didengarkan oleh banyak pemerintah federal yang ingin mempertahankan pertumbuhan ekonomi jangka pendek dibandingkan berinvestasi jangka panjang. Sekarang adalah tugas pemerintah lokal, organisasi non-profit, perusahaan, institusi, tank pemikiran dan grup kepemimpinan pikiran untuk mendorong agenda pada tingkat wilayah hingga tingkat lokal.

Laporan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) yang dipublikasikan pada akhir tahun 2018 adalah salah satu laporan paling mengejutkan akhir-akhir ini yang memprediksi bahwa kita akan benar-benar kehabisan waktu untuk membatasi peningkatan 1.5 derajat Celcius pada tahun 2030.

Panel pada konferensi ASLA sebelumnya yang dihadiri Collen Mercer Clarke, ketua dari Canadian Society of Landscape Architects(CSLA), Vaughn Rinner, FASLA, Martha Schwartz dan Pamela Conrad menekankan pentingnya buku-buku terbaru seperti Drawdown dari Paul Hawkin yang menunjukkan metrik untuk mengurangi pengaruh perubahan iklim dan ini harus digunakan sebagai alat untuk mengubah cara kita hidup, bekerja, mendesain. Panel juga membahas organisasi arsitektur lanskap untuk menciptakan tantangan arsitektur lanskap 2030 yang mirip dengan tantangan Arsitektur 2030. Saya tahu bahwa pengembangan tantangan arsitektur lanskap sedang dikerjakan dan saya berharap bahwa ASLA, CSLA, dan IFLA mengundang organisasi arsitektur lanskap lain dari seluruh dunia untuk bergabung dalam tantangan ini terutama yang berada di negara berkembang.

Selama 30 tahun terakhir kita telah mengetahui tentang perubahan iklim dan pemanasan global dan dalam dekade terakhir hal ini terus menjadi halaman depan surat kabar dan di atas feed media sosial tapi tampaknya kita belum membuat kemajuan solid dalam mengurangi pengaruh kita dan mengurangi pengaruh pemanasan global. Kita perlu menggeser dari terus membahas masalah ini dan bergerak maju dengan agenda berbasis solusi. Kita perlu membuat orang mengetahui manfaat bergeser menuju ekonomi yang lebih hijau. Ada daftar panjang manfaat untuk mengambil tindakan terhadap perubahan iklim antara lain kesehatan yang lebih baik, pembuatan pekerjaan baru, kota yang lebih bersih, efisiensi energi dan masih banyak lagi.

 Yang perlu kita ingat bahwa tidak ada peluru perak untuk perubahan iklim dan ada lebih dari satu pendekatan untuk menyelesaikan masalah ini, kota perlu mengambil tindakan dan berusaha untuk menguji berbagai pendekatan yang paling cocok dengan kondisi iklim lokal dan budaya.

Sebagai arsitek lanskap bagaimana kita bergerak maju untuk mengurangi pengaruh perubahan iklim? Kita perlu mengambil tindakan untuk merealisasikan hasil jangka pendek dan panjang antara lain:

  • menganjurkan dan bekerja menuju perencanaan penggunaan tanah yang berkelanjutan
  • menganjurkan konservasi pertanian
  • meningkatkan densifikasi urban seimbang dengan efek pulau panas
  • desain untuk transportasi efisien (umum dan privat)
  • menganjurkan dan desain infrastruktur hijau
  • menganjurkan restorasi dan reforestasi ekosistem
  • desain untuk inklusivitas
  • gunakan desain praktik & standar konstruksi terbaik (SITES, LEED, WSUD, SuDS, SIDS, dll)
  • install sistem energi berkelanjutan seperti penyimpanan ketika mungkin (atap, tiang, dll)
  • install sistem mutasi dan penyimpanan air untuk mengurangi kejadian banjir, menutupi irigasi, dan sistem pengisian ulang air.
  • penggunaan teknologi desain efisien (seperti BIM) untuk mengurangi limbah.
  • pemilihan bahan berkelanjutan
  • mencari pemasok dengan produk yang berkelanjutan atau mendorong pemasok yang sudah ada untuk menyediakan alternatif yang berkelanjutan
  • pilih tanaman untuk adaptasi terhadap perubahan iklim
  • meningkatkan biodiversitas melalui desain penanaman
  • pilih perabot pencahayaan yang efisien
  • tentukan irigasi efisien
  • pilih lokasi kantor dengan dengan transportasi publik/transportasi multimodal
  • edukasi tempat kerja anda mengenai pendekatan desain untuk mengurangi perubahan iklim
  • edukasi profesi mengenai manfaat dari lanskap (hutan urban, pengurangan pulau panas, redaman air, dll)
  • bekerja dengan organisasi lanskap lokal dan global untuk meningkatkan kesadaran dalam industri dan lobi pemerintah
  • mendanai atau mementori penelitian oleh sekolah lanskap mengenai solusi atau alat perubahan iklim.

Diatas bukanlah daftar tetap namun itu memberikan tindakan yang bisa kita semua lakukan sebagai arsitek lanskap, namun, ada banyak tempat di seluruh dunia dimana perubahan iklim adalah masalah dan arsitektur lanskap adalah profesi baru dan penting bahwa kita membagikan pengetahuan dan pengalaman melalui publikasi dan edukasi. Juga bagus untuk menerjemahkan dokumen ke bahas alain sehingga ada berbagi pengetahuan dan solusi. Kita juga bisa membantu secara finansial dengan menyumbang ke organisasi di negara berkembang untuk memperbaiki akses terhadap edukasi, informasi dan teknologi.

Saatnya untuk bertindak pada tingkat lokal, regional, nasional dan global, sudah ada banyak tulisan dan presentasi mengenai perubahan iklim terutama dalam satu dekade terakhir tapi dengan 2030 sudah tinggal satu dekade lagi kita perlu bertindak. Kita perlu membuat perbedaan tidak hanya membuat proyek eksempelar (studi kasus) tapi dimanapun kita dalam setiap proyek dan kapanpun kita perlu menganjurkan untuk perubahan dramatis untuk memastikan bahwa kita dan generasi di masa depan bisa terus hidup di bumi kita tercinta ini.

Alat untuk membuat perbedaan

Jika anda ingin berkontribusi dalam percakapan ini silahkan pergi ke grup linkedin kami atau halaman facebook kami.

Artikel oleh Damian Holmes

Terjemahan oleh Prasetio Budiono